Mengenal Genteng Keramik, Kelebihan dan Kekurangannya

Di Eksterior 29 views

Genteng atau biasa ditulis genting adalah jenis atap rumah sudah umum digunakan di Indonesia. Untuk jenis genteng itu sendiri ada beberapa macam, seperti genteng tanah liat, genteng beton, genteng besi metal dan yang terakhir adalah jenis genteng keramik.

Apa itu genting/genteng keramik? Berbeda dengan genteng tanah liat biasa, genteng keramik terbuat dari tanah liat yang dilapisi dengan keramik. Tentunya lebih halus dan mengkilap jika dibanding dengan genteng biasa. Jenis atap rumah ini tergolong masih jarang digunakan. Sebab umumnya orang masih menggunakan atap genting tanah liat atau genteng baja ringan/metal yang sudah banyak digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Keramik

Genteng ini terbuat dari material tanah liat yang disortir dan kemudian dicetak menggunakan teknologi modern. Proses pembuatannya secara pabrikasi sehingga kualitasnya tentu tidak diragukan. Meski demikian, genteng keramik juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apa saja itu? Simak terus ulasan dari tentangrumah.com berikut.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Genteng Keramik?

Kelebihannya:

#Tahan terhadap panas

Salah satu keunggulan dari genteng keramik adalah sifatnya yang tidak menyerap panas. Hal ini akan membuat rumah tetap nyaman ditinggali meskipun cuaca di luar begitu terik. Suasa di dalam rumah akan tetap adem karena atap ini tahan terhadap panas. Selain itu jika musim hujan tiba, kehangatan di dalam rumah juga tetap terjaga karena sifatnya yang tidak menghantarkan panas. Genteng keramik juga tahan api sehingga tidak mudah terbakar.

#Warna tahan lama

Berbeda dengan genteng tanah liat biasa yang mudah kusam dan berlumut, genteng keramik akan tetap berkilau meski dalam jangka lama. Jenis atap ini sangat tahan lama dan warnanya tidak akan pudar meski terpapar sinar matahari dan terkena derasnya hujan. Selain itu genteng ini juga ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih.

#Tahan terhadap cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrim seringkali terjadi di negara kita. Dari musim panas yang membakar dan tiba-tiba datang musim hujan yang terus membasahi. Genting ini tahan terhadap perubahan cuaca karena tidak akan korosi. Lapisan keramik pada genteng juga cukup tangguh diterpa cuaca yang ekstrim sekalipun.

#Daya tahan super

Selain tahan terhadap perubahan cuaca di luar, genteng keramik yang dibuat dengan cara canggih dan pemanasan suhu tinggi juga tahan terhadap beban. Proses pembakaran yang sempurna membuat genteng ini tahan terhadap beban berat hingga 180kg. Pastinya atap genting keramik jauh lebih awet dari model atap lainnya atau atap genteng tanah liat biasa.

#Ramah untuk lingkungan

Genting yang dilapisi keramik terbuat dari bahan yang aman untuk lingkungan. Sebab genting jenis ini tercipta dari bahan dasar tanah liat. Bahan tambahan lainnya pun sangat aman dan tidak merusak lingkungan. Pastinya sangat aman untuk kesehatan penghuni rumah dan lingkungan di sekitarnya.

#Tidak membutuhkan perawatan khusus

Atap rumah genteng keramik tak membutuhkan perawatan khusus. Jadinya tak perlu khawatir memikirkan perawatan atap rumah. Yang terpenting adalah, memadukan warna genting keramik dengan warna cat tembok yang serasi. Dengan genting keramik maka rumah lebih mudah dalam perawatannya.

Kekurangannya:

  • Genting keramik kurang cocok untuk model rumah minimalis karena bobotnya yang cukup berat. Rumah minimalis lebih cocok menggunakan atap beton atau atap baja ringan.
  • Selain harga geteng yang mahal, pemasangan genting keramik juga membutuhkan rangka atap yang kuat. Tentunya dibutuhkan biaya mahal dalam konstruksinya.
  • Pemasangannya harus ssangat teliti. Jadi dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemasangannya. Jika kurang teliti atap rumah sangat rawan bocor.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan genteng keramik yang penting diketahui. Silakan pertimbangkan ketika akan memilih atap rumah apakah rumah Anda cocok menggunakan genting keramik atau tidak.

Motif Keramik Dinding Teras Depan Rumah Minimalis & Terbaru
Motif Keramik Dinding Teras Depan Rumah Minimalis & Terbaru
Motif & desain keramik dinding untuk teras
Dekorasi Balkon Rumah Minimalis Terbaru, Cantik & Modern
Dekorasi Balkon Rumah Minimalis Terbaru, Cantik & Modern
Balkon adalah bagian rumah yang bisa digunakan
Jenis, Desain & Model Atap Rumah Minimalis Berbagai Bahan
Jenis, Desain & Model Atap Rumah Minimalis Berbagai Bahan
Model atap rumah minimalis ada banyak sekali
Desain & Model Pagar Minimalis Modern untuk Rumah Tropis
Desain & Model Pagar Minimalis Modern untuk Rumah Tropis
Model rumah cluster yang tak berpagar memang
Baca Juga×

Top